Desa Mojosari Kab. Lumajang, Geliatkan Diversifikasi Pangan

0
141

Berbekal komitmen Bupati Lumajang, H. THORIQUL HAQ, M.ML terkait Optimalisasi Pemantapan Diversifikasi Pangan; Jajaran Dinas Ketapang Lumajang terus merajut berbagai langkah dinamis.

Pemantapan Diversifikasi Pangan Lumajang, harus saya mulai dari unsur-unsur Pemerintah Kabupaten Lumajang, dalam hal ini Jajaran Organisasi Perangkat Daerah atau OPD. Demikian ungkap Cak Thoriq, panggilan akrab Bupati Lumajang pada beberapa kesempatan. Program Aksi-Gerakan Kembali ke Pangan Lokal yang disingkat SI GEMPAL, sudah menjadi komitmen kita masyarakat Lumajang, bahkan merambah ke Tingkat Regional dan Nasional, demikian lanjutnya penuh bangga. 

Setali tiga uang. Komitmen Bupati Lumajang terhadap SI GEMPAL, kian terus membahana. Adalah Ir. Piaman, selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang, melalui Jajaran Tim SI-GEMPAL nya, pasca melakukan silaturahim dan asistensi kepada semua jajaran OPD, terus melaju ke jajaran Pemerintahan Desa. Salah satu Desa yang pertama dikunjungi adalah Desa Mojosari Kecamatan Sumbersuko. 

Dalam suasana keteduhan suasasa penuh keakraban silaturahim, Paiman bersama jajaran Tim Si-GEMPAL News, diterima langsung oleh kepada desa dan sekretaris desa beserta perangkat, Rabu 6 Februari 2019.

Bapak Kepala Desa, Ibu Sekretaris Desa dan para perangkat, hari ini kami dari Dinas Ketapang Lumajang, ijin bersilaturahmi. Demikian ungkap paiman mengawali silaturahimnya. Intinya hari ini, kami ingin mengetahui secara langsung kondisi kegiatan ekonomi produktif para ibu, di lingkungan rumah tangga dan desa. Alhamdulillah sudah cukup bagus. Sepanjang perjalanan sudah tertanami tanaman produktif dan rapi. Ungkap Paiman penuh rasa bangga dan terima kasih.

Tidaklah dipungkiri, rasa bangga kepala Desa bersama perangkat dan masyarakat, atas kehadiran Tim SI- GEMPAL News ini. Terima kasih Dinas Ketapang, kami bersama masyarakat tentu sangat mendukung program Bapak Bupati terkait SI-GEMPAL dan Diversifikasi Pangan ini. Karena memang sudah menjadi kebutuhan kami bersama masyarakat. Jajaran Perangkat dan para tokoh masyarakat; dan utamanya kaum ibu dibawah naungan Tim Penggerak PKK Desa, sangat antusias dengan kegiatan diversifikasi pangan.

Dari pantuan Si-Gempal News di lapangan, memang sungguh sangat membanggakan dalam penanaman dan penataan tanaman produktif di lingkungan Desa. Dari informasi yang dihimpun, Desa Mojosari merupakan salah satu Desa Penerima bantuan APBN untuk Kelompok Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Tahun 2016. Kegiatan peternakan, perikanan dan tanaman produktif lainnya juga masih tetap ada dan menggeliat.

Alhamdulillah dan terima kasih Pak, atas kunjungannya hari ini. Ungkap Bapak SUPAHAM, sang Kepala Desa. Semoga bermanfaat bagi kami dan masyarakat Desa Mojosari, pungkasnya.

Edisi Pantun.

Kalaupun tidak ada rotan; Insyaa Allah, Akarpun Jadi

Pastikan bahwa dalam setiap kesempatan;

Yakinlah, merupakan lahan nan subur untuk mengabdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here