Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang Raih Juara Dua Lomba Pemilihan Unit Kearsipan Terbaik Se OPD Kabupaten Lumajang

0
193

Kearsipan mempunyai arti penting diantaranya sebagai memori organisasi, sebagai bahan pengambilan keputusan yang menjadi penentu pencapain tujuan organisasi, sebagai bahan penilaian kinerja organisasi, dan sebagai bukti sah dipengadilan. Arsip ketika diciptakan bukan hanya sebagai bukti sejarah, namun diciptakan oleh instansi pencipta arsip sebagai alat bukti.

Untuk itu arsip seharusnya disimpan dilembaga kearsipan sebagai sumber primer bagi masyarakat untuk penilaian secara hak dan ilmu pengetahuan. Untuk menciptakan nilai tersebut tentu arsip harus dilakukan penilaian terlebih dahulu. Arsip penghargaan (Ephemera) merupakansuatu peristiwa bersejarah yang memiliki informasional yang sangat tinggi bagi organisasi dalam meraih prestasi. Maka arsip tersebut harus diselamatkan secara lengkap/utuh dan diserahkan kepada lembaga kearsipan daerah yaitu Dinas Kearsipan dan Perpustakaan untuk di dokumentasikan dan dimanfaatkan kepada masyarakat.

Dalam rangka penyelamatan historis penyelenggaraan pemerintahan bagi Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara Dinas dan Perpustakaan Kearsipan Kabupaten Lumajang menyelenggarakan lomba kearsipan organisasi perangakat daerah tahun 2017, yang di laksanakan pada bulan juli 2017 di seluruh OPD se Kabupaten Lumajang.

Dari hasil penilaian lomba di tetapkan juara satu sampai dengan juara harapan yaitu sebagai berikut :

  • Juara I : Dinas Kesehatan dengan nilai (74,85)
  • Juara II : Dinas Ketahanan Pangan dengan nilai (73,65)
  • Juara III : Dinas Sosial dengan nilai (73,32)
  • Harapan I : Kecamatan Lumajang dengan nilai (72,23)
  • Harapan II : Bagian Kesra dengan nilai (72, 23)
  • Harapan III : Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dengan nilai (72,23)

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang sebagai juara dua mendapatkan hadiah berupa Trophy, Piagam, Filling Kabinet. Penyerahan hadiah di laksanakan pada tanggal sembilan Februari dua ribu delapan belas bertempat di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang.

Merupakan suatu kebanggaan bagi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang bisa meraih juara dua se Kabupaten Lumajang, dan itu menjadi pemacu semangat untuk penataan kearsipan yang lebih baik dari sebelumnya, karena masih banyak kekurangan yang harus segera di cukupi dan di perbaiki atau di benahi.

Terimakasih kami sampaikan kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang  yang telah menyelenggarakan lomba kearsipan Organisasi Perangkat Daerah, karena bisa lebih memacu semangat OPD untuk menata arsip yang baik sesuai dengan peraturan kearsipan yang berlaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here