Olahan Jamur Merang Untuk Kudapan Berbuka Puasa

0
1584

Jamur Merang, bahan makanan yang satu ini merupakan salah satu jenis jamur yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia karena tekstur yang lembut menyerupai daging. Biasanya, Jamur Merang digunakan sebagai toping Mie dan Pizza.

Di Kabupaten Lumajang, menu olahan Jamur Merang bisa jadi salah satu alternatif pilihan untuk menu berbuka puasa. Selain untuk makanan berat, ternyata Jamur Merang juga bisa disajikan sebagai minuman.

Ditangan ibu-ibu PKK di Kecamatan Sumbersuko, Jamur Merang disajikan menjadi minuman Es Cincau Merang. Rasa nikmat dan segar Es Cincau Merang, agaknya mampu menjadi pengobat dahaga usai waktu berbuka tiba.

Tidak hanya itu, ada juga beberapa olahan pendamping untuk berbuka puasa, seperti Naget, Empek-empek, dan Siomay.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Hertutik mengatakan banyak olahan yang bisa disajikan dari bahan Jamur Merang, hal itu sebagai bentuk penganekaragaman pangan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sekarang kita kembangkan Jamur Merang ini diolahan lainnya, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, perlu penganekaragaman pangan, supaya masyarakat tahu Jamur Merang ini bisa diolah untuk bahan makanan lainnya,” terangnya. Sabtu (1/5/2021)

Selain itu, pengolahan makanan juga bertujuan agar masyarakat tidak bosan dengan menu yang monoton. Sehingga, pengolahan makanan dengan satu bahan tertentu bisa digunakan untuk berbagai macam makanan.

Pada Bulan Ramadan, pengolahan makanan sangat penting. Karena masyarakat lebih konsumtif. Untuk itu, melihat potensi petani Jamur Merang di Kecamatan Sumbersuko, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang dan TP PKK Kecamatan Sumbersuko mencoba melakukan pengolaan Jamur Merang untuk dijadikan kudapan saat berbuka. (Kominfo-Lmj/Fd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here