Bertempat di halaman Kantor Bupati Lumajang, Plt. Bupati bersama jajaran pegawai Pemerintah Kabupaten menggelar acara Halal Bi Halal, pasca cuti bersama lebaran idul fitri 1439 H / 2018 M, Kamis, 21 Juni 2018.

Plt. Bupati Lumajang dr..Buntaran Suprianto, MKes didampingi beberapa pejabat, Asisten Sekda dan Kepala OPD menyampaikan bahwa hari ini,.Kamis, 21 juni.2018 adalah merupakan hari pertama masuk dinas bagi para ASN secara Nasional. Dan kegiatan halal bi halal yang kita gelar adalah sebagai kultur masyarakat Indonesia pasca lebaran idul fitri.

” Alhamdulillaah, hari ini kita sama-sama berkumpul di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Lumajang, dalam keadaan sehat wal afiat. Insyaa Allah kita masih diberikan kekuatan hati untuk berfikir jernih dan saling memaafkan dalam suasana kebatihan yang harmonis sesama hamba Allah SWT. ” demikian ungkap Plt. Bupati mengawali sambutannya.

Selanjutnya dikatakan, bahwa acara halal bihalal tahun ini,  sedikit agak beda, dengan tahun-tahun sebelumnya. Dan paling menyolok perbedaan itu adalah dari sisi jumlah yang hadir. ” Walaupun pada acara halal bi halal hari ini, tidak terlalu banyak yang hadir, saya yakin dalam benak Saudara masih ada doa untuk saling memaafkan “ ungkanya secara serius. ” Beberapa kepala OPD yang hadir, hanya beberapa saja. Padahal secara administrasi, Saya selaku Plt. Bupati sudah mengeluarkan surat undangan ” kata Plt. Bupati secara serius.

Hasil pantauan sigempalnews, menunjukkan ada dua jenis permohonan maaf Plt Bupati Lumajang pada acara halal bihalal tersebut. Bahkan karena ada kekhawatiran salah menyampaikan Plt. Bupati menyampaikan melalui sambutan tertulisnya. Yang pertama, permohonan maaf selaku manusia atas nama pribadi dan keluarga. Dan kedua, permohonan maaf terkait dengan kinerja pelaksanaan Plt. Bupati dalam waktu 4 bulan, sejak pertengahan Pebruari 2018.

” Selaku Plt. Bupati, saya merasa gagal dalam menjalan tugas. Berbagai permasalahan terus saya hadapi, baik secara teknis maupun non teknis. Suasana politik sungguh sangat mengganggu jalannya pemerintahan. Dan tanpa harus saya ceritakan panjang lebar, hal ini pasti juga Saudara rasakan. Untuk ini saya mohon maaf ” ungkap Buntaran dengan nada dan mimik yang amat serius.

Menyadari kondisi ini, masih kata Buntaran, untungnya saya masih diberikan kemampuan berlebih oleh Allah SWT, utamanya keinginan kuat saya dan keluarga untuk memaafkan. ” Hari ini, saya dan keluarga memaafkan Saudara-Saudara di hadapan saya ini, dan Saudara saudara di luar sana, baik yang bersalaman maupun yang tidak bersalaman. Pemaafan adalah perkara hati, bukan sekedar perkara tangan saling bersalaman ” kata Buntaran dengan nada sedikit kocak.

Selanjutnya dikatakan, bahwa dalam kesempatan ini Plt. Bupati Lumajang juga berpamitan terkait masa tugas Plt Bupati sampai dengan tanggal 23 Juni 2014. Dan tidak lupa, dalam kesempatan ini disampaikan Pesan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, 27 Juni 2018, bagi yang telah memenuhi syarat untuk melaksanakan pencoblosan dan jangan golput. Dengan sebuah harapan Bupati wakil bupati yang terpilih, lebih amanah dan mampu membawa Lumajang ke depan menjadi lebih baik.

Acara halal bi halal di akhiri dengan bersalam salaman dengan para pegawai. Dalam hal ini, Plt. Bupati langsung mendatangi dan menyalami   para peserta halal bi halal, didampingi beberapa pejabat yang hadir.

Terima kasih Bapak Plt. Bupati, Insyaa Allah darmamu masih mampu memberikan hikmah. Amiiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here