ASFERA, BERSAMA WANITA LUMAJANG, SIAP SUKSESKAN AKSI-GERAKAN KEMBALI KE PANGAN LOKAL (SI-GEMPAL)

0
242

Sigempalnews siang (5/4/2018)

Plt.  Bupati Lumajang rencanakan launching Logo SI-GEMPAL,  29 April 2018.

Tidak tanggung-tangung,  tekad Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk melestarikan Pangan Lokal, sebagaimana amanat Perpres 22/2009, dilakukan melalui aksi nyata SI-GEMPAL. Hal ini,  disampaikan Paiman Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dinas Ketapang)  Lumajang,  disela-sela kunjungan silaturahim di hadapan jajaran Asosiasi Federasi PIDRA (ASFERA) Lumajang,  di Kelompok Mawar Indah Desa Jambekumbu Kecamatan Pasrujambe,  Kamis (5/5/18).

Hadir dalam pertemuan Silaturahim ini, Kepala Desa Jambekumbu bersama jajaran,  para anggota ASFERA, Penyuluh Pertanian dan Jajaran Dinas Ketapang Lumajang.

Sulasmi,  selaku anggota ASFERA sekaligus tuan rumah Silaturahim,  menyampaikan rasa terima kasih atas segala dukungan semua pihak,  baik perangkat desa,  anggota Asfera maupun jajaran Dinas Ketahanan Pangan atas lancarnya usaha pangan olahan yang digeluti.  ” Hadirnya Pak Paiman di sini (tempat silaturahim,  Red) dan di Dinas Ketahanan Pangan Lumajang,  mengingatkan saya dan kita semua jajaran ASFERA, sekitar 7-8 tahun yang lalu untuk mendorong dan mendobrak produk Asfera diterima Toko Modern,  melalui Sertifikasi.  Alhamdulillah,  tembus dan berhasil” demikian ungkap Lasemi dengan terbata-bata menahan haru. ” Mumpung ada Pak Paiman dan jajarannya,  kami masih terus butuh bantuan dan dorongan. Kami dan Asfera masih ingin terus maju Bapak ” kata Sulasmi dengan serius dan diamani forum.

Tidak kalah kuatnya,  ungkapan yang sama juga ditambahkan oleh Jumaindah selaku Ketua ASFERA. ” Para kaum wanita,  yang tergabung dalam ASFERA,  terus ingin berbenah diri dan maju.  Maju dalam segala hal ” demikian ungkapnya singkat.  Sambil diinformasikan,  bahwa produk pangan olahan ASFERA juga sedang melakukan penjajagan di beberapa Toko Modern.  ” Selebinya,  kami tunggu gebrakan Pak Kadis Ketapang ” demikian tantangnya.

Suasana acara semakin gayeng, dengan permohonan ikhlas sang Sekdes mewakili Kades Jambekumbu.  ” Kami,  dan jajajaran perangkat desa sungguh wellcome dan mendukung usaha ASFERA. Cuman, tolong limbahnya tetap dijaga ” ungkapnya.

Memperhatikan segala hal yang begitu terasa nikmat situasi silaturahim,  Paiman dengan gaya khasnya mengurai secara bijak. ” Pak Tentara,  Minum Serbat.  ASFERA,  benar-benar hebat ” demikian pantun pembuka ala Paiman.

Selanjutnya dikatakan Paiman,  bahwa hal apapun yang dilakukan ASFERA adalah merupakan substansi atas Visi Misi Lumajang,  khususnya terkait dengan kesejahteraan dan kemartabatan. ” Lumajang sangat potensi dengan Pangan Lokalnya,  demikian halnya dengan sumber daya manusianya,  utamanya kaum ibu.  Khususon khusus yang hadir hari ini ” demikian ungkap Paiman penuh bijak.

“Kalaupun hari ini,  begitu banyak permohonan jajaran ASFERA terkait upaya peningkatan usaha ekonomi,  adalah hal wajar.  Dan menjadi wajib hukumnya bagi kami (Pemerintah) untuk mengimplemen tasikannya.  Tidak ada kata tawar menawar lagi” tegas Paiman.  Untuk itu,  hal pertama yang harus saya lakukan  adalah ikut menjadi agen ASFERA untuk pemasaran produk di lingkungan Dinas Ketapang Lumajang, lanjutnya. ” Insyaa Allah,  Bapak Plt.  Bupati Lumajang,  Bapak dr. Buntaran Supriyanto,  M. Kes.  sepakat dengan hal ini,  yang selanjutnya, berlaku untuk OPD/Instansi lainnya” ungkap Paiman dengan nada serius diiringi aplaus forum.

Pantauan Sigempalnews team,  sungguh sangat mengesankan acara kali ini.  Betapa tidak. Karena sebelum akhir acara,  Paiman disodori Kue Tar berlogo Si-GEMPAL dan bertuliskan ASFERA Lumajang.  Menurut bu Sulasmi sang tuan rumah,  ini wujud syukur atas keberhasilan beliau sebagai Juara……. Tahun 2017 Tingkat Prov Jatim.  Sekaligus berharap tembus tingkat Nasional.

Dalam catatan kami,  bahwa ASFERA adalah merupakan tindak lanjut atas pelaksanaan PIDRA di Lumajang yang berakhir Tahun 2009. Dan nama ASFERA ini merupakan inisiasi jajaran Kantor Ketahanan Pangan Lumajang saat itu,  dari 6 (enam) Kabupaten pelaksana PIDRA di Provinsi Jawa Timur. Dan dengan hadirnya kembali seorang Paiman,  sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan,  sungguh sangat diharapkan semakin memakmurkan usaha ASFERA dibidang olahan pangan,  khususnya non beras.

Hasil wawancara ekslusif team dengan beliau (Ir. Paiman, Red),  bahwa atas keseriusan Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk mengembangmakmurkan pangan non beras,  maka program SI-GEMPAL yang telah dilaunching oleh Bapak Bupati Lumajang Dr. H. SJAHRAZAD MASDAR,  MA (Alm)  pada tanggal 14 Desember 2009, maka untuk Logonya direncanakan dilaunching pada tanggal 29 April 2018 oleh Bapak Plt.  Bupati Lumajang, di Alun-Alun Lumajang.

Dalam acara ini,  direncanakan digelar berbagi jenis pangan olahan non beras oleh para Kelompok Wanita (binaan Pemerintah Kabupaten dan OPD terkait,  Red), dan sajian Spektakuler berupa Gunungan SI-GEMPAL di atas Tampah (Tempeh,  jw Red)  berdiameter dua meter.  Acara ini hasil kerja sama dengam Dinas Kominfo dalam Program Sebar Serap Informasi (SSI). Dalam rangkaian acara ini,  direncanakan hadir Jajaran Kementerian Pertanian RI,  OPD Provinsi Jatim,  Jajaran Forkopimda dan OPD terkait lainnya di Lumajang.  Semoga lancar,  sukses dan berdampak manfaat.  Amiiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here