JAJARAN DWP DINAS KETAPANG LUMAJANG, SEMANGATI IMPLEMENTASI. SI-GEMPAL.

0
201

 

Sigempalnews siang,  6/4/2018

Bak gayung bersambut,  disaat nafas Aksi-Gerakan Kembali ke Pangan Lokal (SI-GEMPAL) digelorakan kembali pada pertengahan Februari 2018, atas ijin Plt.  Bupati Lumajang dr. Buntaran Supriyanto,  M. Kes, Ir. Paiman Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dinas Ketapan)  bersama jajaran, secara all out untuk mempersiapkan Launching Logonya (Logo SI-GEMPAL,  Red).

        Hal ini disampaikan Paiman,  saat mendampingi jajaran Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Ketapang,  pada Acara Pleno Anggota, di Ruang Berlian Dinas Ketapang,  Jumat,  6/4/18.

Hasil pantauan Team menunjukkan bahwa menyertai rangkaian Pleno Anggota juga dilakukan Sosialisasi dan Pemantapan Peran Perempuan dalam Ketahanan Keluarga, dengan Narasumber  dr. Farida Alfawati,  MPPM Kepala Dinas Pengendalian Penduduk,  KB dan PP Kabupaten Lumajang.

       Mengawali acara Tri Retna S Paiman,  selaku Ketua DWP Dinas Ketapang menyatakan,  bahwa Rapat Pleno ini merupakan kali pertama semenjak kepindahan dari DWP Dinas Pertanian.  Pleno ini, sekaligus dirangkai dengan peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW dan Peringatan Hari Kartini. ” Semoga dua sosok panutan ini,  mampu mengilhami kita dalam kehidupan rumah tangga ” demikian ungkap Ny.  Tri Retna dengan tegas penuh harap.

       Suasana pleno begitu khidmad dan nyaman,  saat dr.  Farida menyampaikan paparannya.  ”  Kita,  para wanita merupakan makhluk hamba Allah yang penuh dengan amanat yang sungguh mulya,  utamanya untuk ketahanan keluarga ” demikian ungkap Farida.  Lebih lanjut dikatakan,  bahwa dalam diri kaum perempuan banyak fungsi yang melekat untuk ketahanan keluarga.  Diantaranya adalah,  bahwa wanita harus mampu menjadi guru., tenaga kesehatan, juru masak dan lain-lain,  bagi anak-anak dan keluarganya, disamping sebagai seorang istri yang baik bagi suaminya. ” Tidak terlalu benar,  kalau kita,  para kaum Ibu ini,  hanya sebatas sebagai pelengkap kehidupan,  atau sering disebut konco wingking dalam bahasa jawa.  Dan ini,  salah satu ajaran Nabi Muhammad SAW dan juga Ibu Kita RA.  Kartini ” demikian papar dr.  Farida .

      Selanjutnya dikatakan,  bahwa hal tersebut sangat sejalan dengan semangat Tupoksi Dinas Ketapang,  bahwa tetkait pangan (utamanya pangan keluarga)  Peran Wanita sungguh sangat mutlak. ” Selamat dan Sukses,  Dinas Ketapang melalui SI-GEMPALnya,  dengan dukungan penuh para Ibu Anggota DWP Dinas Ketapang ” ungkap Farida mengakhiri paparannya dengan sambutan hangat dan antusias forum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here