MELALUI PERAN KAUM IBU, DINAS KETAPANG OPTIMIS PANGAN LUMAJANG SEHAT DAN AMAN

0
226

 

sigempalnews siang,  10/4/18

Bertempat di Ruang Berlian Dinas Ketahanan Pangan (Dinas Ketapang) Lumajang,  Jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dinas PKP)  Provinsi Jawa Timur,  menggelar Sosialisasi Pemantapan Mutu dan Keamanan Pangan,  Selasa, 10/4/18.

Hadir selaku undangan dan peserta dalam sosialisasi ini adalah Jajaran Dinas Ketapang,  Dinas Kesehatan,  TP PKK Kecamatan dan Desa,  Pengelola Kantin Sekolah,  Pengusaha pangan olahan dan perwakilan Pondok Pesantren.

Mengawali acara,  dalam sambutannya Ir.  Paiman Kepala Dinas Ketapang Lumajang menyatakan rasa syukur dan terima kasih,  atas terselenggaranya acara ini. ” Mari kita manfaat optimalkan forum ini. Pangan,  yang merupakan hal pokok kebutuhan manusia,  di tingkat keluarga,  para kaum ibu – kaum wanita memeliki nilai peran dengan porsi tertinggi ” ungkap Paiman dengan nada harap.

” Apapun status seorang wanita, di rumah menjadi seorang Ibu/istri,  dipastikan sangat dekat dengan urusan pangan, untuk keluarga.  Kualitas generasi Lumajang dan bahkan Indonesia,  sangat ditentukan oleh tangan-tangan bijak para ibu dalam mengelola pangan ” demikian Paiman dengan nada yang sangat serius,  namun penuh rasa bijak. ” Beli bambu, jumlahnya lima. Sungguh menawan untuk hiasan.  Terima kasih Ibu para Kaum Wanita.  Sungguh mulya pengabdianmu,  karena pangan sehat dan aman “, demikian seloroh Paiman,  dengan gaya khas pantunnya.

Serasa tak ingin kehilangan peluang dan kesempatan, Ir.  Lena Wahyu Marwati,  MMA Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas PKP Provinsi Jatim selaku Narasumber menegaskan bahwa peran ibu dan kaum wanita Lumajang terkait pangan,  khususnya pangan olahan adalah hal mutlak dan wajib,  sepanjang jaman.  ” Keluarga Sejahtera,  karena peran ibu dalam pengelolaan pangan untuk keluarga ” ungkap Bu Lena panggilan akrabnya,  yang disambut riang peserta sosialisasi. Lebih lanjut di katakan,  bahwa Pemprov Jatim,  melalui Dinas PKP, terus berupaya untuk meningkatkan mutu dan keamanan pangan jawa timur,  khususnya Lumajang.  ” Khusus ini,  sudah saya bicarakan dengan Pak Paiman “, demikian ungkapnya singkat.

Melalui berbagai paparan tadi,  yang sekaligus dilengkapi oleh Suharyadi,  SPd,  MKes   Pustek Surabaya,  selaku mitra kerja Dinas PKP Prov Jatim,  yang secara gamblang detil memaparkan pangan sehat dan aman serta dampaknya, peserta sosialisasi dominansi Kaum Ibu semakin berkomitmen untuk mengelola Pangan secara benar dan sehat.  ” Demi Keluarga kami yang sehat dan cerdas,  saya siap untuk mengimplementasikan hasil sosialisasi ini,  baik untuk keluarga maupun lingkungan ” demikian ungkap Kasih Nurvianti salah satu peserta Staf Kecamatan Pasirian saat wawancara dengan crew sigempal news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here