Bulan Ramadhan telah tiba, kebutuhan akan sembako semakin meningkat, apalagi menjelang lebaran. Hal ini menjadi fenomena umum, bahkan dibandingkan dengan bulan biasa, tingkat konsumsi masyarakat lebih meningkat. Oleh karena itu, Pemkab Lumajang mengadakan pasar murah dan bazar ramadhan yang digelar di dua tempat sekaligus yaitu pasar tempeh dan alun-alun lumajang. Bazar dan pasar murah ini dilaksanakan mulai dari tanggal 8 hingga 12 Juni 2017 dan bertujuan untuk menjamin kebutuhan masyarakat akan bahan pangan yang berkualitas dan harga terjangkau.
Pasar Murah dan Bazar Ramadhan ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan instansi swasta maupun pemerintah, yang salah satunya adalah Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang. Pembukaan Pasar Murah dan Bazar Ramadhan ini dilaksanakan di Pasar Tempeh dan dibuka sekitar pukul 09.00 WIB oleh Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag dan dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Drs. Masudi, M.Si, para Asisten Setda Kabupaten Lumajang, dan beberapa Kepala OPD.
Sesaat setelah dibuka masyarakat sekitar langsung berburu kebutuhan pokok, mulai dari beras, minyak goreng, gula pasir, sayur-sayuran sampai paket sembako yang dijual dengan harga miring.
Adapun Bahan Pokok yang dijual oleh Dinas Ketahanan Pangan di pasar murah Tempeh yaitu beras, paket sembako, dan aneka keripik. Sedangkan yang dijual di bazar ramadhan alun-alun berupa beras, kue kering untuk lebaran, dan aneka keripik. Beras yang dijual merupakan beras dari Kelompok Toko Tani Indonesia (TTI) yang merupakan salah satu Program andalan dari Dinas Ketahanan Pangan yaitu Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM). Toko Tani Indonesia diberikan kesempatan untuk ikut membantu masyarakat dengan menjual beras “MURAH” dengan kemasan 5 kg dengan harga Rp 40.000,- dan paket sembako (beras 2,5 kg, minyak goreng 1 liter,dan gula pasir 1 kg) dengan harga Rp 45.000,-. Animo masyarakat begitu tinggi dan sangat antusias dalam menyambut keberadaan program tersebut terbukti hasil penjualan dari beras dan paket sembako tersebut habis terjual.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAZAR RAMADHAN PEMKAB LUMAJANG

Pada Bazar Ramadhan yang di alun-alun lumajang, antusias masyarakat juga tidak kalah menarik khususnya para ibu-ibu yang berdatangan untuk memborong produk-produk kelompok binaan untuk persiapan sajian lebaran seperti kue kering dan minuman. Ada banyak produk kelompok yang dijual pada even tersebut antara lain Kripik Melinjo yang dijual 1 kg seharga Rp 75.000, keripik dan sale pisang berbagai ukuran dengan harga Rp. 8.000-12.000, kacang koro, kacang otok, jagung goreng, pastel mini, gatot dan tiwul instan, opak, jelly dan masih banyak lagi.
Pasar Murah dan Bazar Ramadhan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat dilihat dari ramainya pengunjung yang memadati lokasi.

BAGIKAN
Berita sebelumyaPanel Harga
Berita berikutnyaToko Tani Indonesia (TTI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here