MANTAPKAN KRPL LUMAJANG DINAS KETAPANG TALKSHOW PANORAMA PAGI SEMERU FM

0
238

Talkshow Radio Semeru FM bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan(KETAPANG) Kab.Lumajang, Pasister Kodim 0821 Lumajang, Koordinator Penyuluh Dinas Pertanian, Pengurus KRPL MEKARSARI Desa Kaliboto lor Kecamatan Jatiroto dan Pengurus KRPL DEWI SARTIKA Kel. Jogoyudan Lumajang dengan tema “MANTAPKAN KRPL LUMAJANG” di Radio Semeru FM, Kamis (22/3/18).

Ir. Paiaman selaku Kadis (Ketapang) menyampaikan Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan. Hal ini menjadi tanggung jawab Dinas Ketahanan pangan dari waktu ke waktu, ke depan  setiap rumah tangga diharapkan mengoptimalisasi sumberdaya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga.

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) disebut Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Selain itu, KRPL juga mencakup upaya intensifikasi pemanfaatan pagar hidup, jalan desa, dan fasilitas umum lainnya (sekolah, rumah ibadah, dan lainnya), lahan terbuka hijau, serta mengembangkan pengolahan dan pemasaran hasil.

Prinsip dasar KRPL adalah: Pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan, Diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, Konservasi sumberdaya genetik pangan (tanaman, ternak, ikan), dan menjaga kelestariannya melalui kebun bibit desa menuju peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here