RAMADHAN RASA NGANTOR

0
1141

Dinas Ketahanan Pangan (KETAPANG) Lumajang setiap hari selasa dan kamis melaksanakan kegiatan rutin geRAkan SAyang lingkuNGAN kanTOR (RASANGANTOR) di halaman kantor. RASANGANTOR ini bertujuan untuk menghidupkan kembali falsafah bangsa yakni membangun jiwa gotong royong, khususnya karyawan Dinas KETAPANG. Kegiatan ini di mulai setelah apel pagi selama 15 menit dan di ikuti oleh semua karyawan karyawati Dinas KETAPANG (14/5/2019).

Pelaksanaan “rasangantor” di halaman kantor Dinas KETAPANG di laksanakan dengan di bagi menjadi beberapa bagian, yang pertama pembersihan lahan atau halaman kantor, kedua penanaman tanaman sayuran di polybag dan penanaman pada lahan kosong di area kantor. Sebelum dilakukan penanaman, beberapa karyawan menyiapkan media tanam dari tanah yang sudah diayak terlebih dahulu lalu di campur dengan bokashi,sekam bakar,sekam,seruntul. Beberapa karyawati memasukan media tanam yang sudah dicampur ke dalam polybag, setelah itu dilanjutkan penanaman bibit ke dalam polybag lalu dilakukan penyiraman. Beberapa karyawan yang lain melakukan penataan. Semua kegiatan penyiangan media tanaman ini biasanya di laksanakan secara gotong royong oleh karyawan karyawati Disketapang setiap hari jum’at setelah mengikuti acara senam massal ASN Pemkab. Lumajang di alun – alun Lumajang atau di Stadion Semeru Lumajang.

“Rasangantor” yang dilaksanakan oleh Dinas KETAPANG di halaman  kantor merupakan Sebuah kegiatan aplikatif dari salah satu kegiatan yang ada di Dinas Ketapang yaitu Kegiatan Pemanfaatan Pekarangan untuk mewujudkan ketahanan pangan, karena tujuan dari “Rasangantor” adalah untuk mewujudkan lingkungan dan suasana Dinas yang hijau dan nyaman dengan menggunakan hiasan tanaman sayur dan buah juga bunga untk mewujudkannya.

“Rasangantor” ini merupakan kegiatan refreshing yang murah meriah dan merupakan kegiatan Olahraga. Karena membuat badan berkeringat karena ada kombinasi gerakan fisik, berjalan, mengangkat, mengayun, naik, turun, atau menahan. Memang melelahkan, tetapi ini sangat memuaskan untuk membakar kalori.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here