Sosialisasi- Pemantapan SERGAP dan SI GEMPAL

0
405

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang melakukan kegiatan Sosialisasi Pemantapan Program SERGAP (Serap Gabah Petani) dan SI GEMPAL (Aksi-Gerakan Kembali ke Pangan Lokal) di Radio Semeru FM, Kamis (22/2). Gelorakan Cinta Hasil Bumi (CINTHAMI) Lumajang melalui Si Gempal.

     Adalah Ir. Paiman, yang telah dilantik dan dialihtugaskan oleh Bupati Lumajang sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dinas Ketapang) Lumajang tanggal 9 Pebruari 2018, yang  sebelumnya sebagai Kepala Dinas Pertanian Lumajang.

Tidak perlu waktu lama,  semenjak aktif berkantor di Dinas Ketapang per 19 Februari 2018, melalui Acara Spektakuler Panorama Pagi Radio Semeru 90.7 FM Lumajang,  Kamis,  22 Februari 2018 dengan gelaran Sosialisasi Program Serap Gabah Petani (SERGAP)  dan Pemantapan Aksi-Gerakan Kembali ke Pangan Lokal (SI GEMPAL), bersama Jajaran Kodim 0821 Lumajang dan PT.  BRI Cabang Lumajang, serta dua orang Kasie Dinas Ketapang Lumajang.

” Dulu,  Dinas Ketahanan Pangan masih berbentuk Kantor.  Berarti, 6 tahun 7 bulan 11 hari, saya tinggalkan. Dinas baru dan sekaligus Kampus Lama,  bagi Saya ” demikian kelakar Paiman,  sebelum acara Talk Show Panorama Pagi dimulai.

Disampaikan Paiman,  bahwa makna Si Gempal bukanlah semata-mata terkait makanan dari Polopendhem,  sebagaimana yang dimaknai publik selama ini. ” Istilah Si Gempal yang dilaunching Bapak Bupati Lumajang, Bapak Dr. H. Sjahrazad Masdar,  MA (Alm) tanggal 14 Desember 2009, yang mengacu pada PERPRES : 22/2009 tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal ” demikian tegas Paiman.

Sejalan dengan ungkapan Paiman, Kapten Arm Edi Purwanto,  Pasiterdam Kodim 0821 Lumajang,  menegaskan Pangan dengan pola konsumsi diversifikasinya,  merupakan hal mutlak untuk dimantapkan implementasinya. ” Melalui Amanat UPSUS,  jajaran Kodim 0821 Lumajang,  wajib mengamankan Pangan Lumajang”, demikian tegas Edi.

Terkait ketahanan pangan Nasional,  selanjutnya Edi menyatakan bahwa saat ini sedang mengoptimalkan Program Sergap.  Kerjasama Badan Ketahanan Pangan Kementan RI,  Kemendesa,  Aster Kasad,  Bulog dan BRI,  melalui MoU tanggal 9 Pebruari 2019. ” Nampaknya ini sudah menjadi ketentuan Illahi,  Pak Paiman dipindah,  tugas SERGAP juga ngikut ke Dinas Ketapang ” kelakar Pak Pasiter Kodim 0821 Lumajang ini.

Bagaikan gayung bersambut,  Sumarto Pinca BRI Lumajang yang turun gelanggang Panorama Pagi lebih kuat memberikan dukungan.  ” Jajaran BRI Lumajang,  siap dukung Program SERGAP,  dan juga berbagai kegiatan ekonomi Petani Lumajang ” demikian tegas Sumarto.

Pantau Tim Sigempalnews,  selama acara Panorama Pagi Radio Semeru,  sungguh menakjubkan dan membanggakan.  Bagaiman tidak,  segala harapan untuk Ketahanan Pangan Lumajang diletakkan dipundak Dinas Ketapang.  Dalam catatan Tim,  Paiman dengan jajaran telah terus membuktikan kinerjanya.  Selama hampir 7 tahun selaku Kepala Dinas Pertanian,  sudah tidak perlu diragukan lagi hasil torehan kinerjanya di Bidang Pertanian.  Sigarpun Bulat, Kolesem Lumajang,  Gerakan Cinthami dan beberapa hal baik lainnya,  setidaknya harus mampu dikembangmakmurkan oleh penggantinya. Ini sebuah amanat yang tidak boleh disepelekan. Khusus Paiman,  selaku Kadis Ketapang Lumajang,  hari-hari ini sedang ditunggu para poktan dan pok pok lainnya binaan Dinas Ketahanan Pangan Lumajang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here