Suasana riang dinamis,  mewarnai Sekretariat Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Mekarsari Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto,  saat Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi B DPRD Lumajang,  Kamis,  12/04/18.

Hal ini sungguh sangat terasa hidup dinamisnya suasana kunker,  saat Ketua Komisi B DPRD Bapak Solikin, SH bersama jajaran anggota dan juga Koordinator Komisi memberikan kesempatan usul saran pada forum kunker sekaligus silaturrahim tersebut.

Sebagaimana yang disampaikan Solikin,  bahwa kunker silaturahmi ini merupakan agenda rutin temu masyarakat,  khususnya hari ini KRPL Mekarsari. ” Ibu-ibu Mekarsari,  pangan olahan lokal di hadapan kami ini,  memasak sendiri,  atau beli di pasar ya “, ungkap Solikin ini,  sontak dijawab serentak para Ibu.  ” Iya buat sendiri Bapak “.

” Kami,  para Ibu Mekarsari sudah mahir buat pangan olahan kok Bapak,  dan itu hampir rutin ” sela anggota Mekarsari,  seakan menyulut suasana semakin dinamis.

Hampir bersamaan,  Bapak Suwondo selaku Ketua KRPL Mekarsari yang duduk berdampingan dengan Paiman Kepala Dinas Ketahanan Pangan,  juga menyampaikan hal yang sama. ” Para Ibu di sini sangat kompak.  Sebagaimana pangan olahan yang di hadapan kita ini,  semua produk Ibu-Ibu Mekarsari,  dan sebagian besar bahannya ya panen dan methik dari lahan KRPL Mekarsari. Kami mencintai pangan lokal,  sebagaiman Program SI-GEMPAL (Aksi-Gerakan Kembali ke Pangan Lokal, Red) yang dikomandani Pak Paiman Kepala Dinas Ketapang ” demikian ungkap Suwondo seakan meyakinkan. Selanjutnya dikatakan,  bahwa nanti para anggota Komisi B akan diajak keliling lokasi dan panen Jagung Manis.

” Mantap, ini baru hasil kinerja nyata. Jagungnya besar-besar ” ungkap singkat Bapak H.  Selamet,  S. Sos,  Koordinator Komisi B DPRD Lumajang saat memasuki lahan jagung dekat tempat pertemuan kunker.

Selanjutnya,  Kunker diakhiri dengan foto bersama Komisi B DPRD dengan jajaran KRPL Mekarsari,  yang ditandai dengan Semangat Salam SI-GEMPAL. Salam SI-GEMPAL dengan tangan mengepal ke depan,  sebagai bentuk komitmen anak bangsa,  sekaligus wujud nyata mencintai Negeri – INDONESIA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here