PENUKARAN TOPI “SIGARPUN BULAT”, MENANDAI KOMITMEN PANGAN ORGANIK, LUMAJANG – BEIJING

0
1061

Sigempalnews siang,  4/04/2018

Alhamdulillaah,  hari ini Petani Lumajang sudah mulai menikmati manfaat luhur Sigarpun Bulat. Salah satu diantaranya peningkatan produktivitas Padi Lumajang.

Demikian salah satu point kesimpulan jujur para petani,  di hadapan Paiman Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dinas Ketapang)  Lumajang, yang hadir atas undangan Gapoktancam Jatiroto Kabupaten Lumajang,  Rabu (4/4/18).

Acara yang dikemas dalam rangkaian Temu Lapang Panen Padi, Sebar dan Tangkap Ikan Lele berhadiah ini,  di Lahan Poktan Karya Makmur Desa Sukosari ini,  sejatinya digelar atas prakarsa Gapoktancam Jatiroto bekerja sama dengan PT.  DGW dan LEILI 2000.

Paiman,  Kadis Ketapang yang diberikan waktu untuk Sambutan diakhir Acara,  menandaskan bahwa Pangan merupakan hal yang paling prinsip dan hakiki.  ” Semenjak saya dilantik selaku Kadis Ketapang pertengahan Februari 2018, Saya bersama jajaran terus banting setir dan mengingatkan agar semua Dinas Teknis Pangan,  yakni Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan,  benar-benar all out dalam meningkatkan produktivitasnya.  Dan ini tidak main-main” Demikian tegas Paiman.

Selanjutnya dikatakan Paiman,  dengan kondisi ini, maka bukan jamannya lagi Kepala Dinas dan jajarannya lihai-lihai tanpa sebuah komitmen dan pelayanan yang jelas kepada masyarakat,  utamanya petani.  ” Gak usah ragu dan bimbang,  untuk urusan Pangan,  Jajaran TNI dan POLRI senantiasa mendampingi kita dan petani” demikian ungkap semangat Paiman yang dapatkan applaus petani dan jajaran TNI dan POLRI.

Hasil pantauan Sigempalnews Team, menunjukkan betapa antusiasnya petani saat menerima wejangan sang begawan Pangan yang satu ini.  ”  Kita sudah lama gak ketemu Pak Paiman, jadinya kita ya kangen” demikian rasan rasan salah seorang petani yang sempat ngobrol dengan Team.

Ada satu pemandangan yang begitu spektakuler,  saat Paiman menjelaskan Filosofi Sigarpun Bulat kepada Mis Catherin Sales Manager LEILI 2000 untuk Malaysia dan Indonesia dari Beijing dalam acara tersebit.  Melalui sang penterjemah,  atas penjelasan Sigarpun Bulat dari Paiman, Mis Catherin atas nama Perusahaan dan Beijing mengatakan Salut untuk Lumajang.  ” This Program (Sigarpun Bulat,  Red) is Good and Spectaculer for World ” demikian ungkap tegas Catherin.

Bukan Paiman,  sang begawan panggung, kalau tidak mampu dan tidak cerdas dalam memanfaatkan peluang. Dengan bahasa isyaratnya,  dibantu penerjemah,  Catherin berkenan untuk TUKAR TOPI ” SIGAPUN BULAT”  Tanda Komitmen Pangan Organik Lumajang dan Beijing. Tepuk tangan riuh gemuruh penuh keikhlasan mewarnai acara ini.

Dan mengakhiri kebersamaan di Panggung acara,  Paiman mempersilahkan semua jajaran dan hadirin untuk berpose dengan tangan mengepal tanda Salam SI-GEMPAL (Aksi-Gerakan Kembali ke Pangan Lokal),  sebagai wujud Cinta Tanah Air ” Lumajang” yang sangat kaya potensi alam. ” Sunnatullah ini,  mari kita lestarikan ” demikian Paiman dengan gaya khasnya.

Selanjutnya dikatakan Paiman,  bahwa melalui SI-GEMPAL ini,  kita pekik dan wujudkan jiwa, swmangat dan implementasi Nasionalisme hakiki kita : NKRI, Harga Mati – SIGARPUN BULAT,  Selalu Di Hati – Pangan LUMAJANG – Untuk INDONESIA.  ” Semoga,  juga MENDUNIA ” tegas Paiman,  yang diamini oleh Forum.

Sekedar untuk mengingatkan,  bahwa penggagas utama SIGARPUN BULAT (Aksi-Gerakan Pemupukan Organik dan Benih Unggul Bersertifikat) adalah Ir.  Paiman ( Kadis Pertanian Lumajang,  Juli 2011 – Pebruari 2018), yang pelaksanaanya, diawali dengan Launching oleh Bupati Lumajang Bapak Dr.  H.  Sjahrazad Masdar, MA (Alm) pada tanggal 15 Desember 2011.

Acara ini dihadiri lengkap jajaran Dinas Pertanian Lumajang,  Dinas Ketapang,  Dinas Perikanan,  Jajaran Forkopimca Jatiroto,  Perangkat  Desa Sukosari,  Gapoktancam dan Poktan serta jajaran PT.  DGW dan Leili 2000 yang komit dengam Pangan Organik. Sangat disayangkan,  karena alasan kesibukan, Kadis Pertanian Lumajang tidak sempat mengikuti acara sampai purna bersama petani.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here