Bupati Lumajang, Sinergikan SI-GEMPAL dengan OPAL Kementan RI

0
130

Gaung upaya pemantapan diversifikasi pangan di Kabupaten Lumajang, terus menggelora.  Pengharagaan ketahanan Pangan Bidang Diversifikasi Pangan dari Gubernur Jawa Timur Tahun 2018, secara implementatif terus di galakkan.

Program Aksi-Gerakan Kembali ke Pangan Lokal atau yang disingkat SI GEMPAL, merupakan langkah nyata Lumajang dalam memantapkan Pangan Lumajang,  sebagaimana amanat Undang Undang Pangan.

Adalah Dinas Ketahanan Pangan atau yang dikenal Dinas Ketapang Lumajang,  selaku OPD yang ditugasi untuk memantapkan diversifikasi pangan, terus mengambil langkah opersional strategis. Salah satunya,  melalui aktivitas 15 Menit,  Gerakan Sayang Lingkungan Kantor,  yang disingkat 15 Menit,  RASA NGANTOR.

Kegiatan ini, murni implementasi atas Visi Lumajang, yakni masyarakat Lumajang yang Makmur, Berdaya Saing dan Bermartbat.  Demikian ungkap Paiman, di sela sela bersama jajaran Dinas Ketapang dalam berktivitas di lingkungan Kantor.

Selanjutnya dikatakan,  bahwa kegiatan semacam ini juga tengah dikembangkan di OPD lainnya.  Ini merupakan komitmen Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, dengan dukungan penuh Tim Penggerak PKK dan Jajaran Dharma Wanita, serta kelompok Wanita Produktif lainnya di Lumajang.

Dengan segala daya dan langkah semacam ini, Insyaa Allah kian semakin memantapkan Gerakan Nasional kreasi Kementerian Pertanian RI, melalui Program Obor Pangan Lestari atau disingkat OPAL, sebagai tindak lanjut program Kawasan Rumah Pangan Lestari atau KRPL.  Demikian ungkap Paiman dengan penuh keyakinan dan rasa optimisme.

Mengakhiri obrolan ringan pagi,  tak ketinggalan Paiman juga sempat melantunkan sebait pantun ringan, khasnya Paiman arek njati lumajang ini.

Kalaupun,  Tidak Ada Rotan

Niscaya,  Akarpun Jadi

Niat dan Pastikan, Pada Setiap Kesempatan

Sebagai Lahan Subur,  Untuk Mengabdi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here