TUMPENG KETAPANG HARJALU KE-763

0
138

Masih dalam suasana peringatan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-763 Tahun 2018, dengan rasa bangga dan penuh hikmah, Jajaran Dinas Katahanan Pangan (Dinas Ketapang) Lumajang menggelar tasyakuran Tumpeng Ketapang Harjalu ke-763, Senin Legi, 17 Desember 2018, bertempat di Kantor Dinas Ketapang Lumajang.
Dengan mengenakan Pakaian Djaman Doeloe (Djadoel). Tiga Tumpeng Ketapang diarak dari halaman belakang menuju Pesanggrahan Ruang Rapat Berlian.
Assesoris lokasi acara yang dilengkapi dengan batang tebu, kelapa muda atau cengkir dan daun kelapa muda atau janur, dan juga bau harum dupa yossua, terasa semakin memantapkan nilai prosesi. Walaupun dengan segala kesederhanaannya. Take line DJADOEL Sak lawase yang terpampang jelas pada Pondok Ketapang, semakin menambah harunya suasana.
Dengan langkah gemulai penuh hikmah, tiga tumpeng diserahkan kepada Kepala Dinas Ketapang Ir. Paiman yang didampingi Sekretaris Dinas dan Para Kepala Bidang. Selanjutnya tumpeng disiapkan ruang utama Pesanggrahan Berlian.
Alhamdulillaah, hari ini, senin legi, 17 Desember 2018, kita segenap keluarga besar dinas ketapang lumajang senantiasa mendapatkan angugerah Allah subhanhu wataala, bersama sama tasyakuran tumpengan memperingati hai jadi lumajang atau harjalu ke 763 tahun 2018. Demikian ungkap Paiman mengawali sambutannya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa peringatan harjalu harus mampu kita maknai sebagai wahana mawas diri, instropeksi diri sekaligus penghormatan kepada para leluhur dan pemimpin Lumajang. Hal ini, sebagaimana pesan khusus Bapak Bupati Lumajang Haji Thoriqul Haq, MML saat Prosesi harjalu di alun-alun lumajang, 15 Desember 2018.
Suasana hikmat tumpengan ketapang tahun 2018 ini benar benar terasa sampai dengan Bopo Paiman menutup dengan doa.
Mari tiga tumpeng ini, kita nikmati bersama dengan penuh rasa syukur ke hadirat Allah subhanahu wataala, kata paiman sambil menyerahkan potongan tumpeng nasi kuning kepada Sekretaris Dinas Ir. sutan wardana.
Tidak ada suasana berebut, semua sajian tumpeng dinikmati secara bersahaja penuh kebersamaan. Alhamdulillaah hirobbil aalamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here