Komitmen POKTAN, Sukseskan PUPM di Lumajang

0
260

Bertempat di Kelompok “HASIL TANI” Desa Rojopolo Kecamatan Jatiroto Lumajang, Jajaran Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang Atau Dinas Ketapang Lumajang melakukan silahturahmi dalam Kegiatan PUPM atau Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat Tahun 2018. Kamis, 9 Agustus 2018.  Hadir mendampingi, Pendamping Kegiatan PUPM Desa Rojopolo Kecamatan Jatiroto yaitu bapak Hasan Rahmat dan Bapak Haji Adi selaku ketua kelompok.

Dalam silahturahmi tersebut, ika wahyuni hariyanti, SP selaku Kepala Seksi Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang yang di dampingi joko winarno, SP dan Siti Aliyah STP menyaksian proses pengemasan beras segar yang di lakukan di tempat pengemasan kelompok PUPM “HASIL TANI” Desa Rojopolo – Kecamatan Jatiroto. Ditambahkan juga oleh Ika Wahyuni, bahwa kegiatan PUPM ini sangat membantu untuk masyarakat untuk ekonomi kebawah, karena dalam Kegiatan PUPM ini dapat menjual beras kepada masyarakat yang kurang mampu dengan harga Rp. 8.800 / Kg. Sependapat dengan Ika, Hasan Rahmad selaku pendamping PUPM juga sangat mendukung program PUPM ini, karena Kegiatan PUPM secara tidak langsung berperan dalam mengatasi anjloknya harga pada masa panen raya dan tingginya harga pada saat paceklik dan menjadi instrumen yang dibuat Pemerintah untuk menahan gejolak harga dalam situasi tertentu.

Target Kegiatan PUPM sangat jelas yaitu, untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis, rantai distribusi pemasaran yang terintegrasi agar lebih efisien, harga konsumen dapat ditransmisikan dengan baik kepada harga petani (produsen)” demikian ungkap H. Adi secara serius.

Pantauan sigempalnews crew menunjukkan, bahwa dalam acara silahturahmi tersebut terpantau cadangan Gabah di Gudang Kelompok “HASIL TANI” Desa Rojopolo – Kecamatan Jatiroto ini ada 170 ton Gabah Kering Petani.

Tujuan dari kegiatan PUPM yaitu:

menyerap produk petani dengan harga yang layak dan menguntungkan petani khususnya bahan pangan pokok dan strategis;

  • mendukung stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan strategis; dan
  • memberikan kemudahan akses konsumen/ masyarakat terhadap bahan pangan pokok dan strategis yang berkualitas, dengan harga yang wajar.

 

Mengakhiri acara, H. Adi selaku Ketua Kelompok “HASIL TANI” juga menyampaikan harapan dan mohon dukungan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang agar program PUPM ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga program PUPM ini dapat membantu petani karena petani adalah pahlawan pangan dan dapat menyentuh masyarakat luas.

Terima kasih Haji Adi dan Bapak Hasan Rahmat, Insyaa Allah dharma bhakti ini dicatat Dan dipastikan menjadikan amal baik. Amiiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here