Bertempat di Lapangan Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang , pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)ke-102 Tahun 2018, secara resmi ditutup oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman, M.A., Rabu , 8/8/2018.

Hadir mendampingi Pangdam V/Brawijaya, Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Jajaran Forkopimda, Para Dandim Korem 083/BDJ, Jajaran Para Ibu Persit Kartika Candra,  para Pimpinan OPD, Jajaran Perbankan, Aparat Pemerintahan Desa dan Para Tokoh serta masyarakat sekitar lokasi TMMD.

Atas terselenggaranya TMMD Tahun 2018 ini, Haryono Kepala Desa Pasrujambe menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran TNI AD, khususnya jajaran Kodim 0821 Lumajang. ” Alhamdulillaah, kami atas nama masyarakat Desa Pasrujembe, khususnya masyarakat dusun Jabon dan Dusun Tulungrejo, benar-benar merasa bangga dan sekaligus terima kasih ” demikian ungkap Kades Pasrujambe dengan bangganya. Selanjutnya dikatakan, bahwa dengan adanya TMMD, utamanya dengan adanya kegiatan pembangunan jalan tembus dan jembatan baru dusun Jabon dan Tulungrejo, sangat kami rasakan semakin mampu mempercepat gerak langkah  aktivitas perekonomian masyarakat. Dulu sebelumnya, masyarakat kami harus menempuh jarak sekitar 3 kilo meter dengan kondisi amat sulit, sekarang cukup 700 meter, dengan kondisi jalan yang sangat bagus.

Mendasarkan ungkapan sang Kepala Desa dan bukti nyata hasil TMMD ke-102 Tahun 2018 di Wilayah Kodim 0821 Lumajang, Pangdam V Brawijaya merasa bersyukur dan sekaligus Bangga. “ TMMD yang kita lakukan, dan kita saksikan hasilnya hari ini, merupakan karya besar bhakti anak bangsa di Lumajang. Swadaya tanah masyarakat untuk jalan tembus ini, sungguhlah tidak ternilai. Hasil ini sebagai salah satu wujud nyata kebersamaan TNI dan Masyarakat ”, ungkap Pangdam V Brawijaya dengan bangganya atas peran ikhlas nyata masyarakat. ” Ini semua juga tidak terlepas peran kepemimpinan Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati, DPRD dan jajaran Forkopimda, dan semua unsur Pemerintahan ” tandasnya dengan tegas.

Selanjutnya disampaikan, bahwa dengan selesainya kegiatan ini, baik pembangunan jalan dan jembatan baru, rehab musholla, rumah layak huni dan lain-lain kegiatan TMMD, agar terus dipelihara dan dimanfaatkan secara maksimal. ” Insyaa Allah, melalui berbagai kegiatan TMMD ini, akan berdampak baik dan sekaligus berberkat terhadap pemenuhan kebutuhan pangan, ekonomi dan sosial masyarakat . Semua aktivitas kebaikan, akan semakin menggeliat dan tumbuh produktif ” ungkap Pangdam V Brawijaya . ” Selanjutnya, dengan selesainya kegiatan ini pula, manakala ada salah dan khilaf selama pra dan pelaksanaan TMMD, atas nama TNI beserta jajaran, saya mohon maaf yang sebesar besarnya ” pungkasnya penuh harap.

Selaras dengan Pangdam V Brawijaya, Bupati Lumajang, Drs. H. As“at, M. Ag., juga mengungkapkan kebanggaannya. ” Hasil TMMD yang kita liat hari ini, merupakan salah satu wujud kongkrit nilai kebersamaan. Tentunya kebersamaan dan kepedulian semua pihak, utamanya TNI bersama Masyarakat dan Jajaran Pemerintah. Insyaa Allah, hasil TMMD ini semakin menggeliatkan ekonomi masyarakat ” ungkap Bupati dengan nada bangga.

Demikian halnya dengan Dandim 0821 Lumajang Letkol CZi Agus Iskarman, SE., yang senantiasa berbaur bermasyarakat, terliat terus menampakkan rasa haru dan bangganya. ” Saya bersama jajaran, tentu juga  merasa bersyukur dan bangga atas semua ini mas ” ungkapnya di sela sela menikmati nasi tumpeng selamatan bersama masyarakat.

Pantauan Sigempal news crew di lapangan, bahwa rangkaian kegiatan Penutupan TMMD ke- 102 Tahun 2018 di Kabupaten Lumajang, diawali dengan penyerahan hasil TMMD oleh Pangdam V Brawijaya kepada Bupati Lumajang, yang ditindaklanjuti dengan kunjungan Pangdam V Brawijaya bersama rombongan ke stand produk dan hasil karya masyarakat, lokasi jalan tembus dan jembatan baru, rumah layak huni, rehap musholla, dan diakhiri dengan kenduri dan selamatan tumpeng bersama masyarakat. Pangdam V Brawijaya bersama rombongan, terasa benar benar menikmati suasana bersama masyarakat.

Terima kasih TNI, Terima kasih Bapak Pangdam V Brawijaya beserta jajaran, serta semua pihak yang telah berkontribusi produktif. Semoga ini semua menjadikan Kado yang Berhikmah di Ulang Tahun NKRI tercinta ke-73 Tahun 2018. Masyarakat senantiasa dan selalu bersamamu.

 

Tujuh Belas Agustus Tahun ini

Merah Putih Senantiasa Tegak Berdiri

Semangatlah Terus Untuk Mengabdi

Demi Keluarga dan NKRI

 

Tadi Langit Mendung, sekarang nampak cerah

Giat TMMD ke-102, di tutup di siang hari

Terima Kasih untuk Kodam V Brawijaya

Terus Curah Ikhlaskan Bhakti untuk Negeri

 

Sayur Lodeh Waluh

Sungguhlah Nikmat Rasanya

Seyogyanyalah Kita Tidak Mengeluh

Agar Diterima Amal Bhaktinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here