WUOH, SI-GEMPAL MANTAB MEMBAHANA DI PEWAYANGAN.

0
1657

Sigempalnews malam, 21/04/2018

Banyak jalan menuju Roma. Demikian, kiranya ungkapan yang sangat pas, bagi seorang Paiman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dina’s Ketapang) Lumajang, untuk terus mensosialisasikan dan memantapkan implementasi Aksi-Gerakan Kembali ke Pangan Lokal (SI-GEMPAL). Hal ini sangat nampak jelas pada Pergelaran Wayang Kulit di jalan Batanghari Lumajang, Sabtu, 21/04/18.
Pergelaran wayang kulit yang digelar jajaran Sasana Budaya Jawi (SABDAAJI) Lumajang, dengan cerita Wahyu Makutho Romo oleh Dalang Ki Yoyok Risdiyanto, dalang muda berbakat dari Tempursari Lumajang, sangat lihai dalam memainperankan tokoh pewayangan. Delapan ajaran / wahyu yang diterima oleh sang tokoh Raden Harjuno, yang sering disebut ” Hasto Broto “, sangat pas untuk kehidupan dan penghidupan manusia.
” Manusia hidup, harus paham dan mampu melaksanakan delapan lelakon hidup. Salah satunya harus mampu melestarikan kehidupan alam, termasuk pangannya ” demikian ungkap sang Dalang. Selaras dengan ungkapan ini, Paiman yang hadir dalam pergelaran ini, nimbrung ngguyubi.
” Monggo Bopo Paiman, naik ke pentas. Kidungan Bopo ” demikian ungkap Ki Yoyok. Hadir lengkap dengan jajaran Sigempal Crew, Paiman melakukan Kidungan Si-Gempal. Dengan gaya yang cukup kocak namun tidak meninggalkan substansi, Paiman tampil cukup memikat. ” Selikur April, Hari Kartini. Dua Mei, Hari Pendidikan. NKRI, memang Harga Mati. Dan yang Ngidung, namanya Cak Paiman “, demikian bait pertama kidungan Paiman. Selanjutnya, ditambahkan parikan, campuran bahasa jawa Indonesia demikian ” Ngasah Wedhung, Ngangguho Ungkal. Ayo kita dukung Program Si-Gempal”, demikian kidungan Paiman, disambut meriah penonton.
Menanggapi kidungan Paiman, pimpinan SABDAAJI yaitu Bapak Soedarmo, menyambut apresiatif. ” Lelakon ini, sangat pas dengan kidungan dan tuntunan Pak Paiman tadi. Pangan Lokal harus kita uri-uri dan lestarikan, sebagaimana budaya wayang kulit malam ini ” demikian ungkap Soedarmo mantap. Selanjutnya dikatakan, kami jajaran SABDAAJI, khususnya dan umumnya masyarakat Lumajang, siap dukung Program SI-GEMPAL.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here