Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang pada bidang Ketersediaan dan  Distribusi Pangan, Seksi Ketersediaan Pangan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kegiatan Pemantapan Ketersediaan Pangan Berbasis Umbi, Buah dan Sayuran pada hari selasa tanggal 27-2-2018 .

Kabupaten lumajang merupakan salah satu wilayah pertanian yang dapat dikatakan memiliki potensi sumberdaya alam yang sangat kaya, bila dilihat dari potensi sumberdaya alam sesungguhnya wilayah ini  memiliki  prospek  yang cukup baik sebagai penghasil umbi umbian, buah buahan dan sayur sayuran yang cukup menjanjikan apabila masyarakat desa sepenuhnya dapat menyadari bahwa lahan yang dimilikinya dapat dijadikan sebagai asset menjanjikan masa depan mereka.

Tujuan dari kegiatan pemantapan ketersediaan pangan berbasis umbi umbian, Buah buahan dan sayur sayuran adalah untuk mengembangkan  pangan  lokal sumber karbohidrat selain beras dan terigu sekaligus ketersediaan nutisi, vitamin dan mineral yang terkandung dalam tanaman tersebut. Mengembalikan kesadaran masyarakat bahwa ketersediaan pangan bukan cuma serialia akan tetapi aneka umbi, sayur dan buah dengan pengelolaan yang baik akan menjadi saving yang menjanjikan. Memberi pendidikan agribisnis berkelanjutan bagi kelompok masyarakat dengan menerapkan pertanian berkelanjutan dan pemasaran melalui media online.

Pada kegiatan ini di undang sebagai peserta sosialisasi adalah kelompok petani bawang dari empat desa tiga kecamatan, Desa Selok Anyar Kec. Pasirian, Desa Mbesuk Kec.Tempeh,Desa Sumber Jati Kec.Tempeh,Desah Jati Gono Kec.Pasirian yang bertempat di gedung berlian Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang. Selama berlangsungnya kegiatan masyarakat/peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi serta aktif dalam sesi Tanya jawab.

Dari kegiatan ini diharapkan terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, seimbang terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat. Selain itu terpenuhinya pangan bagi masyarakat  di harapkan mampu mendukung masyarakat untuk dapat  hidup  sehat,  aktif,  dan produktif secara berkelanjutan. Harapan kami dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang sosialisasi ini dapat di aplikasikan dalam kehidupan masyarakat  sehari hari sehigga tercapai masyarakat yang sejahtera dan bermartabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here