Kegiatan Bimbingan Teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tahun 2018

0
1551

Pogram Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian dan Ketahanan Pangan rumah tangga melalui pemanfaatan pekarangan yang dikelola oleh keluarga dimana lahan pekarangan tersebut memiliki fungsi multiguna, karena dari lahan yang relatif sempit ini, bisa menghasilkan bahan pangan seperti umbi-umbian, sayuran, buah-buahan, bahan tanaman rempah atau tanaman obat keluarga (Toga) serta bahan pangan hewani yang berasal dari Unggas atau ternak kecil maupun ikan. Sasaran dari program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini adalah wanita atau ibu – ibu yang beranggotakan minimal 15 yang berdomisili berdekatan dalam satu desa. Setiap anggota kelompok maupun penduduk desa wajib memanfaatkan pekarangan dengan tujuan untuk mencukupi ketersediaan pangan dan gizi di tingkat keluarga atau rumah tangga. Hasil dari usaha pekarangan ini diutamakan untuk dikonsumsi oleh rumah tangga bersangkutan dan apabila berlebih dapat dibagikan atau disumbangkan kepada anggota kelompok atau secara bersama-sama dijual oleh kelompok.

Di awal tahun 2018 Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang bertempat di ruang pertemuan Berlian Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang. Sebagai peserta Bimbingan Teknis KRPL tersebut adalah kelompok – kelompok KRPL sekabupaten Lumajang. Tujuan dari pelaksanaan Bimtek ini adalah :

  1. Meningkatkan partisipasi kelompok wanita dalam penyediaan sumber pangan dan gizi keluarga melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan sebagai penghasil sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.
  2. Mendorong pengembangan usaha pengolahan pangan skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sumber karbohidrat selain beras dan terigu yang berbasis sumber daya dan kearifan lokal.
  3. Meningkatkan kesadaran, peran, dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan B2SA serta mengurangi ketergantungan terhadap bahan pangan pokok beras.

Pelaksanaan  Bimbingan Teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini ada beberapa materi yang diberikan kepada peserta Bimtek, yang antara lain materi:

  • Pemanfaatan lahan pekarangan
  • Pengelolaan Kebun Bibit Desa (KBD)
  • Budidaya Ternak Ayam Buras
  • Budidaya Ikan Lele Dalam Kolam Terpal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here