Pengembangan Sumberdaya Pangan Lokal merupakan salah satu kegiatan dari Program Peningkatan Ketahanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini sebagai wujud tanggungjawab dan kepedulian dari Dinas Ketahanan Pangan selaku Dinas Teknis yang membidangi urusan pangan dalam rangka untuk memenuhi peningkatan ketersediaan pangan bagi masyarakat sekaligus sebagai pendukung untuk mengajak masyarakat untuk kembali memanfaatkan pangan lokal melalui Slogan “SI GEMPAL” (Aksi Gerakan Kembali Ke Pangan Lokal).Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut telah dilakukan identifikasi potensi sumberdaya pangan spesifik lokal wilayah sekaligus dibentuklah beberapa kelompok binaan di wilayah tersebut antara lain meliputi Wilayah Tempursari yakni Desa Pundungsari, Bulurejo, Tempurejo, Purorejo dan Tegalrejo. Kelompok-kelompok tersebut dibina dan dilatih untuk menemukan dan mengolah bahan pangan lokal sebagai bahan pangan alternatif yang dapat dikonsumsi dan dikembangkan untuk produk pangan olahan. Sebagai langkah awal pendampingan kelompok, telah diberikan bantuan hibah mesin penepung bagi kelompok-kelompok binaan tersebut.
Tujuan penyerahan bantuan mesin penepung adalah untuk memfasilitasi masyarakat dalam memproduksi bahan pangan olahan yang dapat dikonsumsi, dikembangkan lebih lanjut dan juga dijual kepada masyarakat baik di wilayah Tempursari sendiri maupun ke wilayah yang lebih luas. Program Pengembangan Sumberdaya Pangan Lokal tidak hanya berhenti sampai penyerahan mesin penepung, berikutnya tetap akan ada pemantauan dan pendampingan untuk kebersinambungan kelompok tersebut.
Dari penyerahan hibah alat tersebut Kelompok di desa Tempurejo, Tegalrejo dan Purorejo sudah melakukan ujicoba pembuatan tepung, Sedangkan Desa Pundungsari dan Bulurejo sudah melakukan ujicoba pembuatan tepung pisang dan membuat produk turunan dari tepung pisang seperti browinies dan cookies. Kemajuan yang terlihat tersebut harus tetap ditingkatkan hingga mencapai titik goals program Pengembangan Sumberdaya Pangan Lokal yaitu mengembangkan pengolahan sumberdaya pangan lokal hingga bisa menjadi ikon baru bagi kota Lumajang.

BAGIKAN
Berita sebelumyaSi-Gempal
Berita berikutnyaPanel Harga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here